Pages

Saturday, November 04, 2006

Since one AIESEC member asked me about how to lead people and people who are led feel they aren't being dictated??? Such challenging question dude!! hahaa... but I'll answer it in my language!

Then we start from.. bagaimana sebuah kelompok terbentuk? Apakah kelompok ini dibentuk oleh keterpaksaan atau karena kesukarelaan? Hal yang lebih penting lagi untuk dipertanyakan, apakah peran pemimpin di dalam kelompok ini?? Apakah sebagai pemimpin otoritas (atas nama jabatan saja) atau berperan sebagai pemimpin yang muncul karena jiwa kepemimpinan di dalam diri orang yang bersangkutan?

That must be answer by your condition! Then perspektif kepemimpinan yang sesungguhnya bahwa kepemimpinan itu bukan mengenai masalah jabatan atau masalah kewenangan, karena kepemimpinan adalah pilihan individu. YOUR CHOICE, MY CHOICE! Bahkan individu tanpa jabatan atau otoritas sekalipun adalah pemimpin bila ia terus belajar mengembangkan karakter-karakter kepemimpinan di dalam dirinya!

Orang yang sedang membaca artikel ini dan merasa bahwa dirinya belum menjadi SEORANG PEMIMPIN yang sesungguhnya bila anda belum pernah atau tidak sedang menjadi ketua projek besar/menjadi pimpinan atau pengurus organisasi! IT'S BIG MISTAKE!!! HUGE MISTAKE!

Ketika sedang berbicara mengenai kepemimpinan yang memesona banyak orang, kita sedang berbicara tentang bagaimana kita memimpin orang. Memimpin bukanlah mengatur benda, tetapi memimpin manusia-manusia yang dinamis dan berpribadi unik. Benda adalah hal yang dapat kita atur dan kita situasikan, tetapi tidak bila kita memimpin dalam arti yang sesungguhnya!

Bila Kita sudah belajar mengenai arti kepemimpinan atas diri sendiri dengan sendirinya orang lain akan mengikuti arahan dan perintah kita, tanpa mereka menyadarinya!

"SIAPAPUN YANG INGIN MEMIMPIN ORANG LAIN, PERTAMA-TAMA HARUS MENGUASAI DIRINYA SENDIRI!"

Philip Massinger!

ITULAH ARTI YANG SESUNGGUHNYA DAN JAWABANNYA ADA DALAM HATI ANDA!!!

No comments: