Pages

Sunday, October 22, 2006

Time management

We are the next global leader so we must know how to manage our time in efficient and effective ways!

Why?
Ketika kita melihat pemimpin-pemimpin besar dunia yang sudah mengukir nama mereka di kitab besar sejarah dunia, pernahkah kita berpikir bahwa mereka memiliki waktu sebanyak 24 jam setiap hari, sama seperti kita untuk meraih cita-cita dan impian mereka?

Nah.. kalo mereka bisa, kenapa kita harus mengerutkan dahi dan sambil cengengesan bergumam, "oh iya yah?"

Gw akan coba bagikan sedikit pengalaman tentang manajemen waktu yang gw alami sendiri, not by theory but by experience. Kalo ada yang salah mohon dikoreksi karena gw juga masih dalam tahap pembelajaran.

Gw akan mencoba setiap pembelajaran dengan pertanyaan yang akan gw jawab, syapa tau pertanyaan-pertanyaan ini pernah muncul dibenak kalian!

Q: Duh, hari ini si A minta tolong, si B butuh gw tolongin, gw kuliah dua pelajaran, dosennya killer Bo! Apa yah yang harus gw lakukan?

A: Hmm.. mungkin gw harus mulai dengan mengambil agenda, ambil pulpen mendaftar semua hal yang harus dikerjakan dan yang dituntut dari saya untuk saya mengerjakannya hari ini, besok, dan juga seterusnya!

Q: Tapi untuk hari ini semua penting dan malah kalo kuliah jatah bolos gw udah abis nih! Gimana ya???

A: hmm.. gimana kalo gw mulai dengan mengestimasi berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan masing-masing kegiatan, trus gw jumlah jamleh! (kemampuan mengestimasi ini penting low!)

A: Wah ternyata walaupun kerjaannya banyak waktu yang gw punya dalam satu hari cukup ya untuk melakukan itu semua! (mungkin gw cuma butuh konsistensi untuk melakukannya dan tahan godaan kalo ada ajakan temen untuk maen atau sekedar hangout!)

Q: Duh kalo untuk besok waktu gw udah bener2 ngga cukup nih untuk melakukan sepuluh kegiatan! Gimana ya??

A: Hmm.. gw coba untuk melakukan apa yang dituntut dari gw untuk mencapai visi yang gw ingin kan deh! gitu lebih baiK! baru setelahnya gw coba melakukan apa yang gw inginkan!

Q: Duh tapi kuliah bener2 sejalan dengan visi gw tapi kadang2, dosennya ngga penting, gw ngga dapet apa2 niy dalem kelas! Gimana ya??

A: Mungkin gw bisa coba kerjakan sesuatu hal yang menghabiskan waktu gw di dalam kelas (seperti membaca, mengerjakan tugas-tugas kecil), tapi sebenernya kalo gw lakukan itu di dalam kelas itu tidak mengganggu syapa-syapa dan gw yakin gw bisa tetap mengikuti pelajaran dengan baik! (Pastikan itu ya!)

No comments: