Pages

Tuesday, October 24, 2006

How we manage our time?


Gw coba membagikan pengalaman dimana gw pernah merasakan kuliah 5 macam (UNPAD - UNPAR) dalam satu hari dengan rentang waktu satu semester, tapi syukurnya gw masih bisa mengatasi semua mata kuliah itu dengan hasil baik.Kalo bertemu dengan hari dimana elo sudah membuat jadwal yang akan dikerjakan, sudah membuat estimasi waktu untuk itu, dan ternyata kegiatannya sangat padat tapi masih reasonable untuk dilakukan, jangan pernah ragu bahwa kita tidak sanggup untuk mengerjakannya! (misalnya dalam satu hari kita harus mengerjakan 10 pekerjaan yang berat-berat dan kita belom pernah merasakan itu! Jangan takut ngga bisa!)


DO IT!

(Asumsikan kalo mata kuliah itu, pekerjaan yang harus dilakukan serta menyangkut orang lain! Basicly it's the same thing and you can assume it)

I start with Q&A!

Q: duh gila nih (pas jadwal keluar) masa ada jadwal yang satu hari 5 Mata kuliah?? Gw harus gimana?? apa gw buang aja ya mata kuliahnya? tapi ini penting banget! Kalo ngga diambil gw bisa lulus satu tahun lebih lama!

A: Jangan dibuang deh kalo gitu!

Q: tapi gimana ya caranya!?

A: Langkah pertama, analisis dan buat prioritas mata kuliah dari yang paling penting sampe yang kurang penting! dan dari yang paling mudah sampe paling sulit!

Q: Iya tapi tetep aja ngga mungkin gw jalanin, karena kapasitas gw cuma 4! Itu juga udah mengelus dada. (Kapasitas kita mungkin lebih besar dari yang kita pikirkan karena hal tersebut dibentuk oleh lingkungan dan otak kita! Mungkin secara alamiah manusia sanggup melakukan hal yang luar biasa, seperti belajar 10 jam setiap hari tapi kadang hal tersebut sangat terhambat oleh rasa malas dan pola institusi pendidikan kita yang mengkotak-kotak serta membatasi jam belajar karena PEMBELAJARAN versi kita adalah duduk di dalam kelas dan membaca buku, padahal harus kita pikiran apakah makna proses pembelajaran itu!)

A: Langkah kedua, lo pikir2 lagi mana sih dosen (orang yang terlibat dalam pekerjaan) yang bersifat fleksibel dan ngga mempermasalahkan kalo kita minta pindah waktu kuliah! dengan syarat kita harus tunjukan kalo kita adalah orang konsisten dan persisten. (tidak bikin pusing orang yang kerja sama kita dengan dateng telat, pindah2 kelas seenaknya, dll!)

Q: Kalo gw udah nego dan ternyata ada dosen yang ngga ngasih gimana dunk??

A: Coba lebih terbuka (accountable) kasih liat semua jadwal kita dalam 1 minggu, buat dia merasakan kesulitan kita tapi Jangan maksa ok!? dan tetep bilang maaf mengganggu dan terima kasih kalo ditolak!

Q: Kalo dosennya ngasih dan kita tetep ngga bisa gimana?

A: kita harus bilang sejujurnya kalo kita tetep ngga bisa dengan jadwal yang dosen itu tawarkan dengan asumsi kita memperlihatkan jadwal kita! Jangan lupa bilang terima kasih atas niat baik dia untuk menolong kita!

Q; kalo kita sudah datangi semua dosen dan semua dosen bilang kita tidak bisa merubah jadwal, gimana dong?

A: Pake list prioritas yang sudah dibuat (Penting s.d kurang penting) (Mudah s.d sulit) dan korbankan satu bila sifatnya saling meniadakan tapi kalo masih bisa diusahakan dan tidak ada risikonya (jalani saja)

TANTANGAN yang SULIT dan MENEGANGKAN bila berhasil dilalui dengan baik, SECARA LANGSUNG MENGEMBANGKAN KAPASITAS DIRI dan KEMAMPUAN KITA dalam MENGHADAPI MASA DEPAN dan secara tidak langsung menambah KEPERCAYAAN DIRI kita dalam menghadapi MASALAH YANG LEBIH BESAR LAGI!!

Saat dimana kita merasa takut dan mundur dengan tantangan dan masalah besar yang kita hadapi atau yang ditawarkan kepada kita untuk kita hadapi, saat itulah, langkah kita menuju kesuksesan masa depan berhenti seketika!

One step ahead to striving for excellence!

No comments: