Pages

Sunday, October 22, 2006

Leaders' character

Kalo kita teliti lebih dalam apa ya kerjaan seorang pemimpin?? Nah kadang gw juga suka bingung, tetapi setelah gw baca banyak buku tentang kepemimpinan ternyata job desc leader itu lebih condong ke pembentukan karakter dirinya sendiri.

Why??
Banyak yang bisa dilakukan leader dengan bermacam-macam aktivitas, apalagi di AIESEC! Tetapi apa sih yang membuat seorang pemimpin bisa membuat sebuah organisasi atau kelompoknya berkembang??

yang bisa membuat itu semua yaitu KARAKTER PEMIMPINnya!

Ketika seorang pemimpin dapat membuat anggota kelompoknya memiliki ruang yang cukup untuk berkreasi dan mengembangkan diri, maka manifestasi energi dari setiap anggota akan membangun organisasi tersebut! semakin besar, semakin luas!

Membuat anggota kelompok memiliki "ruang" yang cukup untuk berkreasi tidak dapat diartikan secara harafiah!

Q: Nah lantas "ruang" itu artinya apa dong?

A: Ruang yang cukup dapat diartikan sebagai kapasitas diri masing-masing anggota dan kapasitas lingkungan untuk saling bersinergi membangun jejaring yang solid dan kokoh dari tingkat yang paling atas hingga yang paling rendah!

Q: Nah jadi si pemimpin disini perannya apa?

A: Di saat pertama, pemimpin akan menentukan bentuk dan luas ruang untuk para anggotanya dalam bekerjasama, saling berhubungan (membangun interdependensi) (Strategic minded)
Selanjutnya pemimpin perlu mengembangkan kapasitas di dalam ruang masing-masing individu.

Q: Gimana caranya??

A: Pemimpinnya harus punya kemampuan untuk menjadi ibu bagi anggota lainnya.

Q: Ibu yang bagaimana?

A: Pertanyaan ini harus disesuaikan dengan kondisi anggota kelompoknya! (Fleksibilitas)
Kadang ibu yang galak cocok untuk mendidik anak bertipe A, tidak untuk yang bertipe B atau sebaliknya tipe ibu yang lembut cocok untuk mendidik anak tipe B, tetapi tidak untuk tipe A (Peka)

Q: Lantas apa cuma itu saja?

A: tentu saja tidak! Dalam memelihara kondisi kapasitas "ruang" individu yang senantiasa berubah pemimpin harus (SABAR), (SETIA), dan (PENUH KASIH) dalam membina anggota kelompoknya!

Q: Wah berarti jadi pemimpin itu berat dong?

A: Pandangan mengenai tugas seorang pemimpin itu berat atau tidak, tergantung sejauh apakah sifat dan karakter pemimpin itu berkembang di dalam dirimu!

Karena pemimpin akan mencerminkan dua hal yang penuh arti yaitu, keteladanan dan pelayanan. Itulah job desc pemimpin pada mulanya!

Q: Tapi sekarang saya hanya melakukan tugas kecil dalam kelompok saya dan peran saya tidak berarti!! Bagaimana saya dianggap pemimpin? Saya cuma sekedar "BANTU-BANTU"! gimana dong?

A: Peran dan besar-kecilnya pekerjaan tergantung persepsi kita pada diri kita sendiri, kalo kita memandangnya kecil dan tidak berharga, maka itulah diri kita. Bentuk pelayanan sekecil apapun adalah awal dari sebuah keteladanan dan kepemimpinan. Sehingga JANGAN PERNAH MEMANDANG ITU KECIL karena usaha yang kau anggap kecil itu, tidak akan pernah sia-sia!

Karena mungkin bagimu itu tidak berarti, tetapi itu sangat berarti buat orang lain!

PIKIRKANLAH ITU!


One Step Ahead for Activating Leadership!

No comments: